Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

INDUSTRY.co.id - Kota Padang - Membaca Nyaring (read a loud) merupakan salah satu bagian dari program Gerakan Indonesia Membaca sebagai upaya menumbuhkan kegemaran membaca sejak dini dan kecintaan anak-anak terhadap buku cerita. 

Guru-guru di tingkat PAUD/TK, orang tua, dan pustakawan menjadi target utama dari program tersebut. Mereka mengikuti pembekalan peserta pelatihan Membaca Nyaring digelar di Kota Padang Sumatera Barat (3/5/2024).

Dalam acara itu, Oktarina, salah satu peserta mempraktikkan membaca Nyaring. Ia tampil bersemangat di depan anak-anak TK Pembina Padang. Tangan kirinya memegang buku ceritanya. Tangan kanannya bermain peran menikrukan alur cerita.

Julia Budiharja dari Komunitas Read A Loud, mengungka banyak manfaat membaca Nyaring untuk anak-anak. 

"Mulai dari menstimulus otak mereka, merangsang imajinasi anak, melatih kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis, membantu anak-anak menambah perbendaharaan kosa kata dari buku bacaan, hingga menciptakan momen kedekatan premium antara orang tua dengan anak-anak," terang Julia Budiharja. 

Arah pembangunan menuju Indonesia Emas 2045, menitikberatkan pada upaya peningkatan budaya literasi, inovasi dan kreatifitas sebagai sasaran strategis dalam pemajuan dan pelestarian kebudayaan. 

"Keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat merupakan trilogi pembangunan dalam pengembangan literasi” ucap Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas, Nurhadisaputra. 

Sebelum mempraktikkan, peserta pelatihan Membaca Nyaring diberikan pembekalan teknik Membaca Nyaring. Pelatihan terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi. Pelatihan teknik Membaca Nyaring diikuti tidak kurang dari 150 peserta. 

Pelatihan Membaca Nyaring ini merupakan salah satu tahapan kegiatan Membaca Nyaring. Setelah itu, para peserta pelatihan akan mengikuti Tantangan 21 Hari Membaca Nyaring dengan tujuan untuk pembiasaan melakukan membaca nyaring.