Indonesia Goes Pink, Gelar Kegiatan Sadar Kanker Payudara di Bali

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 22 Mei 2017 - 23:35 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Yayasan sekaligus komunitas peduli kanker Indonesia yang terdiri dari Lovepink Indonesia, Bali Pink Ribbon, Reach to Recovery Surabaya, dan Rumah Sakit Onkologi Surabaya, akan segera menggelar kegiatan Indonesia Goes Pink yang akan berlangsung di Nusa Dua, bali pada tanggal 7 hingga 8 Oktober 2017 mendatang.

Kegiatan ini, merupakan aktivitas para peduli kanker payudara dan akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti, workshop, makan malam bersama, Pink Run & Walk. Indonesia Goes Pink ini didasari oleh pemikiran bahwa jika gerakan “Sadar Kanker Payudara” (Breast Cancer Awareness).

Menurut salah suatu penelitian, Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012, terhitung sudah terhitung 134 kasus per 100 ribu penduduk, dimana kanker payudara menjadi insidens tertinggi sebesar 40 kasus per 100 ribu penduduk.

Sedangkan data pasien di RS Kanker Dharmais kanker payudara merupakan urutan pertama penyakit membahayakan pada 10 tahun terakhir terhitung hingga akhir tahun 2016. RS Kanker Dharmais, mencatat terjadinya peningkatan jumlah kasus setiap tahunnya. Besaran masalah kanker payudara di Indonesia dapat dilihat dari pasien kanker payudara yang datang untuk pengobatan, dimana 60-70 persen penderita sudah dalam stadium lanjut.

Shanti Persada, salah satu penggagas Indonesia Goes Pink, mengatakan, “Meskipun banyak pengetahuan tentang kanker payudara, tetapi banyak perempuan yang takut untuk melakukan tindakan, seperti memeriksakan ke dokter atau mamografi, perasaan takut itulah yang menjadi tantangan terbesar bagi kaum wanita di Indonesia dalam perjuangan melawan kanker," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Minggu (21/5/2017)

“Kami berharap untuk mulai merubah persepsi tersebut melalui serangkaian acara yang edukatif, inspiratif, namun juga fun melalui Indonesia Goes Pink. Kami ingin menyampaikan pesan bahwa para pejuang kanker payudara bisa tetap memiliki kehidupan yang berwarna. Kanker payudara bukan vonis terhadap kebahagiaan hidup mereka," pungkasnya.

Pendaftaran partisipasi Indonesia Goes Pink bisa dilakukan melalui www.indonesiagoespink.com dan dibuka per tanggal 18 Mei 2017 sampai dengan 24 September 2017.