Fakta Atau Mitos, Benarkah Lemon dan Air Hangat Sembuhkan Covid-19?

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 10 Mei 2021 - 14:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Semenjak virus Corona melanda dunia, beredar bebagai penyembuhan herbal atau alami yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit berbahaya ini. Informasi tersebut beredar di internet berupa artikel ataupun video namun, sebaiknya informasi tersebut harus berdasarkan penelitian dan terbukti ampuh memerangkan virus tersebut.

Melansir dari laman timesofindia, Senin (10/5/2021), mungkin ada orang-orang yang percaya dengan informasi tersebut dan mengikutinya. Alih-alih supaya terhindar dari Covid-19 ternyata erbahaya bagi kesehatan. 

Para ahli medis menyarankan untuk tidak mengikuti berbagai informasi tentang penyembuhan Covid-19. Baru-baru ini, melalui akun Twitter PIB (FactCheck) menyatakan bahwa mitos menuangkan dua tetes perasan lemon pada hidung benar-benar dapat membunuh virus Covid-19.

Sementara, beredar pula bahwa campuran air panas, dan irisan lemon serta soda bikarbonat (soda kue) jika dikonusmsi setiap sore dapa menyembuhkan penyakit berbahaya ini. Tentunya menurut PIB (FactCheck) meengecek fakta ini dan mengungkapkan bahwa ini adalah mitos atau tidak benar.

"Tidak ada peneliatan yang membuktikan mitos-mitos ini benar," katanya.

Bahkan, para ahli menyaranakn untuk tidak mengikuti informasi palsu tersebut. Lebih baik, mengikuti pedoman yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Lebih baik, mengenakan masker, mencuci tangan secara teratur serta menggunakan sanitizer adalah salah satu cara untuk menghindari virus ini.