Luar Biasa! Tierra SOHO Surabaya Besutan Intiland Laris Manis di Borong End User

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 Mei 2021 - 19:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Surabaya - PT Intiland Development Tbk. sukses memasarkan hampir semua unit-unit SOHO pada proyek pengembangan terbaru Tierra, di Surabaya. Perseroan berhasil memasarkan hampir seluruh unit Tierra SOHO yang diluncurkan pada bulan April 2021. 

Tierra SOHO merupakan pengembangan fasilitas komersial seluas satu hektar yang menjadi pengembangan tahap pertama dari megaproyek Tierra, sebuah kawasan mixed use & high rise terpadu di Surabaya Barat. 

Archied Noto Pradono Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland menjelaskan Tierra merupakan salah satu proyek strategis Perseroan yang direncanakan untuk pengembangan jangka panjang. Pengembangan Tierra dilakukan dalam beberapa tahapan yang akan mampu memberikan kontribusi kinerja usaha Perseroan secara signifikan dan berkelanjutan. 

"Tierra masuk dalam pipeline pengembangan proyek jangka panjang Intiland dan menjadi key project yang akan memberikan kontribusi penjualan dan pendapatan jangka panjang," kata Archied pada kegiatan konferensi pers media update Tierra yang digelar secara daring hari Kamis (6/5/21). 

"Kesuksesan penjualan ini menjadi sinyalemen positif bahwa pasar properti mulai kembali menggeliat dan konsumen sudah kembali optimis terhadap prospek pasar ke depan dengan melakukan pembelian dan investasi produk properti," tambahnya.

Menempati area seluas 7,5 hektare, Tierra memiliki lokasi yang sangat strategis di kawasan Segi Delapan, Surabaya Barat. 

Mengusung konsep pengembangan mixed-use & high rise terpadu, kawasan ini menjadi solusi terhadap beragam kebutuhan dan aktivitas masyarakat dengan mengintegrasikan beragam fungsi mulai dari apartemen, perkantoran, hotel, pusat komersial, serta fasilitas hiburan dan gaya hidup modern. 

Saat ini, pengembangan kawasan Tierra sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain terdapat Hokky Supermarket, Whiz Prime Hotel, SUB Co co-working space, pada kawasan tersebut juga tersedia pusat kebugaran Primalaras serta pusat kuliner. Peluncuran Tierra SOHO menjadi pengembangan tahap pertama dari Tierra.

Harto Laksono Direktur Pemasaran Intiland untuk wilayah Surabaya mengungkapkan bahwa penjualan unit-unit Tierra SOHO mendapat sambutan sangat baik dari konsumen. 

Dijelaskan Harto, sejak diluncurkan bulan April, saat ini telah terjual sebanyak 69 unit atau 90 persen dari total unit yang tersedia. Respon positif dari konsumen ini menegaskan sinyalemen pasar properti sudah mulai kembali menggeliat, terutama di sepanjang kuartal pertama tahun ini.

"Kami mengapresiasi atas tingginya minat masyarakat terhadap produk Tierra SOHO. Tren ini menguatkan keyakinan kami bahwa kebutuhan terhadap ruang kerja dan komersial masih tetap tinggi, khususnya di wilayah Surabaya Barat," papar Harto.

Dari hasil penjualan yang terjadi, Perseroan mendapatkan fakta bahwa mayoritas pembeli Tierra SOHO adalah para end user. Pertimbangan utama memilih Tierra SOHO karena lokasinya yang strategis, memiliki konsep pengembangan jangka panjang,  dan prospek pengembangan kawasan Tierra yang memiliki captive market yang potensial bagi pasar Surabaya Barat. 

Harto mengungkapkan bahwa dari profil pembeli Tierra SOHO, sebagian besar akan memfungsikan unitnya untuk usaha di bidang food & beverage, seperti kafe dan restoran. Namun demikian, ada pula pembeli yang memfungsikannya sebagai kantor dan pusat pendidikan.

"Respon konsumen terhadap penjualan Tierra SOHO sangat baik. Ada konsumen yang membeli hingga 6 unit langsung, yang nantinya difungsikan sebagai pembukaan cabang kedua dari salah satu restoran ternama di kota Surabaya," ungkapnya.

Perseroan berharap seiring dengan masuknya berbagai bisnis kuliner dan ritel di dalam area Tierra SOHO, kawasan ini akan semakin berkembang dan dapat menjadi pusat gaya hidup modern terbaru di Surabaya Barat. 

Sesuai dengan rencana pengembangan, Perseroan saat ini tengah memasuki tahap persiapan untuk penunjukan kontraktor pembangunan. Tahapan pembangunan diproyeksikan dimulai pada akhir tahun ini dan diharapkan selesai dan mulai serah terima ke konsumen pada pertengahan 2023.

"Saat ini produk Tierra SOHO hanya tersisa 7 unit. Kami optimis sisa unit ini dapat terserap habis dalam waktu dekat," kata Harto.

Pengembangan Baru

Pasca peluncuran produk Tierra SOHO, Perseroan segera memulai tahapan selanjutnya sesuai dengan perencanaan pengembangan kawasan. Pengembangan tersebut meliputi produk hunian berkonsep low-rise, apartemen, serta fasilitas komersial yang lokasinya tepat di samping area pengembangan Tierra SOHO. 

"Untuk pengembangan selanjutnya, kami terus melihat dan menganalisa arah dan dinamika pasar serta konsumen. Setiap pengembangan dan investasi baru, khususnya produk high rise kami jalankan secara hati-hati dan mengukur tingkat risiko dan daya serap pasarnya," kata Harto Laksono. 

Mengantisipasi perubahan dan dinamika pasar yang sedang terjadi, Perseroan menyiapkan beragam program promo yang memudahkan konsumen melakukan pembelian. 

Adapun program promo tersebut antara lain berupa kemudahan cara bayar yang spesial, misalnya pemberian insentif untuk pembukaan usaha hingga Rp 80 juta. Insentif ini diberikan Perseroan bagi pemilik unit yang dapat segera membuka usahanya dalam jangka waktu enam bulan setelah proses serah terima unit.