Bahaya! Ini Kesalahan Menyimpan Sikat Gigi di Kamar Mandi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 05 Mei 2021 - 11:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Ternyata menyimpan sikat di dalam kamar mandi itu punya tata caranya, lho! Mungkin ini terlihat sepele dan banyak orang yang asal meletakkan sikat gigi. Padahal jika tidak memperhatikan cara meletakkan sikat gigi di dalam kamar mandi, bisa menjadi sarang perkembangan kuman dan penyakit.

The Journal of Hospital Infection menyebutkan partikel kotoran, kuman setelah buang air besar masih bisa menempel di kursi toilet. Kemudian hal tersebut diperburuk jika jendela terbuka, atau kipas dan udara masuk membuat partikel kotoran tersebut menempel di sikat gigi yang Kamu gunakan. 

Maka dari itu, dilansir dari laman bestlifeonline, Rabu (5/5/2021) berikut yang perlu diperhatikan ketika menyimpan sikat gigi di dalam kamar mandi.

Jauhkan sikat gigi dari toilet

Pertama-tama, simpan sikat gigi sejauh mungkin dari toilet. Semakin jauh menyimpannya, semakin kecil kemungkinan sikat gigi Kamu terkontaminasi kuman dan bakteri. 

Tutup toilet sebelum disiram

Setelah buang air, biasakan untuk menutup tutup toilet terlebih dulu supaya kuman dan bakteri tidak berterbangan dan menempel di sikat gigi kamu. 

Menurut Studi pada 2011 menyebutkan, partikel  tidak ditemukan di permukaan kamar mandi jika toilet tertutup rapat setelah buang air. 

Tutup sikat gigi setelah bulunya kering

The American Dental Association (ADA), mengatakan pastikan bulu halus sikat gigi kering sebelum menutupnya. Hal ini dilakukan agar permukaan bulu halus tersebut kering dengan sempurna dan tidak ada kuman yang menempel di sikat gigi. 

Rutin mengganti sikat gigi

Sikat gigi harus diganti kira-kira setiap tiga hingga empat bulan atau lebih sering jika bulu sudah mulai kotor ataupun rusak. Hal ini dilakukan karena efektivitas sikat menurun saat bulu sikat gigi menjadi rusak.