Dua Pakar Ini Ungkap Kontribusi BLU Kesehatan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Oleh : Candra Mata | Senin, 12 April 2021 - 15:11 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, DrPH selaku Chairman Indonesia Health Economic Association menyatakan bahwa selama pandemi, Badan Layanan Umum (BLU) Kesehatan berperan besar dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Tidak hanya memberi pengobatan dan merawat pasien, namun BLU Kesehatan juga dituntut mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran virus. 

Ia menjelaskan bahwa BLU Kesehatan mengemban dua amanah.

“Pertama, menjaga agar masyarakat di lingkungannya terbebas dari risiko sakit, termasuk infeksi virus Covid-19. Kedua, melayani masyarakat yang sakit khususnya COVID-19 selama pandemi,” jelasnya, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (12/4/2021).

Sementara itu, dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes., Sp.OG(K), Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito menambahkan bahwa kesehatan dan ekonomi bagai dua sisi mata uang. 

BLU Kesehatan dinilainya turut berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.

“BLU Kesehatan itu frontliners dalam menjaga produktivitas masyarakat. Ini yang saya sebut spiral, saling memperkuat antara kesehatan dan ekonomi. Maka, saat anggaran cukup banyak, perkuatlah pelayanan promotif, preventif dan kuratif agar ekonomi bergerak,” tutur dr. Rukmono Siswishanto.

Disamping itu, pandemi Covid-19 masih memberikan tantangan serta ketidakpastian ekonomi dimasa depan. 

"Saya juga mengimbau masyarakat tidak lengah walaupun program vaksinasi sudah berjalan," tandasnya.