Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Blibli Hadirkan Festival Belanja dan Pengiriman 2 Jam

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 April 2021 - 19:23 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menjelang bulan suci Ramadhan, Blibli menghadirkan layanan dan festival belanja #HikmahRamadhan yang dilakukan bersama para seller, termasuk UMKM. Selain itu, Blibli juga menghadirkan pengiriman cepat dalam 2 jam. 

Berbagai riset menunjukkan bahwa tingkat keyakinan masyarakat akan pemulihan ekonomi semakin meningkat memasuki tahun 2021. Optimisme ini diharapkan akan ikut berpengaruh terhadap antusiasme masyarakat merayakan bulan Ramadhan dan Idul Fitri. 

“Tingkat konsumsi pelanggan untuk bermacam-macam produk, mulai dari sembako hingga pakaian, meningkat signifikan selama Ramadhan. Sebab itu, dengan semangat #HikmahRamadhan, Blibli meluncurkan layanan pengiriman 2 jam agar pelanggan bisa dengan cepat menerima belanjaan mereka”, ujar Cindy Kalensang, Vice President Business Development Blibli, Rabu (7/4/2021).

Permintaan pelanggan di Blibli konsisten meningkat saat Ramadhan. Rata-rata volume order harian di Blibli meningkat dua kali lipat selama Ramadhan 2020 jika dibanding hari biasa, di mana pelanggan paling banyak membeli produk berupa Makanan & Minuman, Handphone, Suplemen Kesehatan, dan Fashion Muslim. 

Pelanggan yang berbelanja online berasal dari berbagai kota, di mana Blibli melihat lonjakan order yang sangat signifikan dari pelanggan di Bandung, Bantul, Kudus, Palembang, dan Denpasar selama Ramadhan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadhan 2019.

Tahun ini, selama bulan Ramadhan, Blibli menghadirkan penambahan layanan dan festival belanja berupa pengiriman lebih cepat dengan layanan 2-hours delivery. Pelanggan juga bisa terus menghemat biaya pengiriman dengan menggunakan layanan gratis ongkos kirim dari Blibli.

Blibli juga menghadirkan promo dalam program #HikmahRamadhan yang bisa dinikmati selama 32 hari nonstop, mulai dari 12 April hingga 14 Mei 2021, diantaranya Cashback hingga Rp 1 juta rupiah, Exclusive deals dengan brand-brand ternama, dengan diskon hingga 85%, dan Flash Sale dan games  tiga kali sehari saat ngabuburit dan sahur.

“Bulan Ramadhan menjadi momen penuh berkah, bukan hanya bagi pelanggan, tetapi juga bagi seller UMKM. Kami berharap festival belanja #HikmahRamadhan ini dapat menjadi cara bagi para seller besar maupun UMKM untuk meningkatkan penjualan dan merangkul pasar yang lebih luas melalui platform Blibli,” tutup Cindy.

Pentingnya momen Ramadhan bagi ritel dan konsumsi baik di pihak pelanggan dan seller diamini oleh riset iPrice. iPrice secara konsisten melakukan riset mengenai perubahan perilaku berbelanja Muslim di Indonesia pada saat Ramadhan. 

Trafik berbelanja online meningkat hingga 345% pada jam 5 pagi jika dibandingkan dengan bulan biasanya di Indonesia karena adanya perubahan waktu jam makan yaitu sahur. 

Dikarenakan perayaan Ramadhan tahun ini akan juga berbeda, pergantian pola hidup dan cara berinteraksi sosial berdampak juga pada daya dan habit berbelanja. 

“Tahun 2018, kategori seperti tiket pesawat, tiket kereta dan voucher hotel masih menjadi keyword paling populer di bulan Ramadhan. Namun berkaca dari 2020 kemarin, riset iPrice menemukan kategori fashion, elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kue lebaran menjadi kategori paling banyak dibeli pada saat berbelanja kebutuhan ramadhan dan hari raya," kata Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group.