Pamer Minum Jamu, Gubenur Jakarta: Agar Lebih Sehat dan Negara Makin Kuat, Netizen: Luar Biasa Pak Anies...

Oleh : Nata Kesuma | Senin, 05 April 2021 - 13:25 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa Jakarta penuh dengan tempat-tempat bersejarah yang kisahnya menjadi bagian dari perjalanan sejarah ibu kota negara Indonesia.

"Salah satunya warung Jamu Bukti Mentjos di Jalan Salemba Tengah, Jakarta Pusat. Setelah inspeksi trotoar di Salemba Raya kemarin, kami sempat mampir untuk membuktikan khasiatnya," ucap Aniea, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari unggahannya di instagram @aniesbaswedan pada Senin (5/4/2021).

"Rakyat Sehat Negara Kuat!" tertulis di menunya," sambung Anies.

Anies mengemukakan bahwa ada 64 pilihan jamu, semuanya spesifik diramu untuk kebutuhan atau keluhan kita masing-masing.

Ramuan jamunya menggunakan resep tradisional yang diwariskan turun-temurun sejak tahun 50-an, hingga sekarang dikelola oleh generasi ketiganya, Pak Horatius Romuli, yang juga seorang pendeta GBI.

Awalnya warung jamu ini bernama Jamu Bukti didirikan Solo tahun 1940an, baru kemudian boyongan pindah ke ibu kota pada tahun 1950.

Ketika itu hanya berupa gubuk sederhana di depan Pasar Mentjos (pasar di jalan yg menceng/miring). Sehingga dikenal sebagai warung jamu Bukti Mentjos sampai sekarang.

Sehari-harinya warung jamu ini ramai dikunjungi berbagai kalangan, tua dan muda, dari Jakarta dan sekitarnya. Apalagi ketika awal-awal pandemi tahun lalu, peminat jamu melonjak karena dipercaya berkhasiat meningkatkan imunitas.

Warung Jamu Bukti Mentjos juga melayani pesan antar, bahkan pelanggannya ada yang dari Malaysia dan Singapura.

"Warung Jamu Bukti Mentjos buka setiap hari jam 10.00-21.30, kecuali hari Minggu/ libur. Bila ingin membuktikan juga, teman-teman dapat naik TransJakarta Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) turun di Salemba UI, lalu lanjut berjalan kaki 8 menit," jelasnya.

"Agar lebih sehat dan negara makin kuat.," tandas Anies.

Untuk diketahui, sejumlah masyarakat pun turut mengapresiasi unggahan Anies tersebut.

"Luarbiasa, pak anies terbukti pemimpin yang benar benar memperhatikan semua aspek demi maju kotanya bahagia warganya," kata akun tugastri.

"Cara cerdas gubernur, mempromosikan produk usaha kecil dengan tidak menggunakan anggaran pemerintah daerah," papar Muhamaddopir.