Sri Mulyani Bongkar Sosok Orang Paling Kaya di Indonesia, Ternyata Bukan Bos Djarum...

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 Februari 2021 - 08:10 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Baru-baru ini, Forbes merilis orang terkaya di Indonesia adalah pemilik Djarum yakni Bambang dan Budi Hartono. Tapi berbeda dengan pengakuan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

Menurut Sri Mulyani, ada orang yang paling kaya dan ternyata orang tersebut ada di Kementerian Keuangan. Ia adalah Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata.

Hal ini disampaikan Sri Mulyani sambil bergurau dalam penyambutan 1.521 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru Kementerian Keuangan secara virtual. Berawal dari Sri Mulyani memperkenalkan jajaran eselon satu dan tugas yang akan dilakukan masing-masing unit tersebut. 

"Nah ini pak Isa (Dirjen DJKN) orang paling kaya di seluruh Indonesia," ujar Sri Mulyani (17/2/2021)

Dijelaskan Menkeu, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) adalah unit Kementerian Keuangan yang mengelola seluruh aset yang dimiliki Pemerintah. Sehingga Isa sebagai pimpinannya dianggap paling kaya. 

Bagaimana tidak, aset yang dikelola Isa mencapai Rp6.000 triliun yang tercatat sebagai Barang Milik Negara dan Rp2.400 triliun tercatat sebagai kekayaan negara yang dipisahkan.

"Itu yang kita kelola dan itu didapat dari uang pajak, uang Bea Cukai, uang PNBP dan juga utang," tuturnya.