Ini Kesiapan VIVA Migrasi ke TV Digital

Oleh : Wiyanto | Rabu, 30 Desember 2020 - 21:00 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) tengah merampungkan migrasi tv analog ke tv digital atau analog switch off (ASO) berlaku pada 2 November 2022 mendatang.

“Kami percaya sebelum ASO terjadi 2022 nanti, sesuai dengan komitmen kami dengan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), kami akan siap menjalankan infrastruktur digital di 11 provinsi tersebut,” kata Direktur Visi Media Asia Neil R. Tobing di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Sementara, ia menjelaskan saat ini pihaknya mulai melakukan reaktivasi izin dan infrastruktur untuk MUX.

Selain itu, Dia optimistis proses tersebut akan rampung.

Bahwa sejauh ini VIVA Group telah memenangkan tender MUX untuk 11 provinsi dari 12 provinsi yang dilelang oleh pemerintah.

Kesebelas provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Direktur Visi Media Asia Sahid Mahudie mengatakan tahun depan salah satu fokus utama VIVA tahun depan adalah pembangunan infrastruktur penyiaran tv digital atau multipleksing (MUX). Untuk itu perseroan bersiap merogoh kocek sekitar Rp100 miliar.

“Kira-kira akan kita cadangkan paling tidak Rp100 miliar,” ucapnya.