Pemerintah Akan Manfaatkan 16 Lokasi Energi Listrik Tenaga Angin

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 02 Mei 2017 - 13:57 WIB

INDUSTRY co.id, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan ada 16 titik lokasi yang memiliki potensi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

"Yang penting itu, kita pasti punya potensi lumayan. Sementara ini 16 untuk energi angin, saya belum lihat," kata Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Eenergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (2/5).

Kementerian ESDM bekerja sama dengan Denmark untuk pengembangan PLTB. Menurut Rida kerja sama pengembangan tersebut sudah berjalan, diantaranya pengembangan di Solo, Jeneponto (Sulawesi Selatan), dan Sidrap (Sulawesi Selatan). 

Kapasitas dari lokasi tersebut mencangkup 75 MW dan 70 MW. "Untuk di Solo kemungkinan 2018 sudah jadi, karena sudah ditandatangani dengan Denmark," kata Rida. 

Kementerian ESDM sedang menjajaki kerja sama dengan Denmark dalam upaya pengembangan potensi PLTB. Menteri ESDM Ignasius Jonan hadir untuk menyaksikan peluncuran pemetaan potensi.

"Indonesia adalah negara kepulauan, akan menghabiskan banyak biaya jika harus menghubungkan antar pulau untuk aliran energi, maka agar efisien adalah mengembangkan potensi daerah masing-masing, salah satunya angin ini," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan.