PLN Resmikan 5 Gardu Induk Berkapasitas 300 MVA di Provinsi Lampung

Oleh : Hariyanto | Jumat, 25 September 2020 - 12:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT. PLN (Persero) meresmikan lima Gardu Induk dengan total kapasitas 300 MVA yang tersebar di Provinsi Lampung yaitu GI Jati Agung, GI Ketapang, GI Langkapura, GI Dipasena, dan GI Mesuji. Beroperasinya lima GI ini diharapkan meningkatkan keandalan pasokan listrik guna mendorong tumbuhnya investasi di Provinsi Lampung.

Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PLN, Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan bahwa kondisi kelistrikan nasional secara umum, maupun kelistrikan Sumatera secara khusus, dan dalam hal ini di Lampung dalam keadaan aman dan cukup.

“Ketersediaan pasokan listrik yang cukup ini tentu akan mendorong munculnya industri dan bisnis serta membuat masyarakat lebih produktif, sehingga harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Wiluyo dalam keteranganya yang dikutip, Jumat (25/9/2020).

General Manager PLN UIW Lampung, Pandapotan Manurung menjelaskan bahwa pembangunan GI yang tersebar di 5 lokasi di Provinsi Lampung sendiri dimaksudkan untuk memenuhi pasokan kebutuhan listrik bagi masyarakat Lampung.

“Khusus Gardu Induk Dipasena dan Gardu Induk Mesuji, PLN dapat melistriki masyarakat sebanyak 3.627 pelanggan di Dipasena dan 8.574 pelanggan di Mesuji,” ujar Pandapotan.

Pandapotan mengatakan, GI Ketapang dikhususkan untuk memperkuat pasokan listrik Lampung Selatan, khususnya di daerah kawasan industri dan pelabuhan. GI Langkapura guna meningkatkan keandalan energi listrik yang akan disalurkan ke pusat kota Bandar Lampung. Selanjutnya, GI Jati Agung memperkuat kelistrikan di daerah Kota Baru, Lampung Selatan.