Mendikbud Apresiasi Program Pendidikan Vokasi Industri yang Digagas Kemenperin

Oleh : Ridwan | Senin, 24 April 2017 - 14:03 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy memberikan apresiasi terhadap program pendidikan vokasi industri yang diluncurkan oleh Kementerian Perindustrian sebagai salah satu realisasi visi pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM.

"Menperin sangat responsif dalam melaksanakan Inpres No.9 ini. Untuk revitalisasi SMK, kami telah menyiapkan orangnya, namun yang memakainya, yaitu dari sisi pelaku industri memang harus ikut terlibat agar sesuai kebutuhan," ungkap Muhadjir Effendy keterangan tertulisnya di Jakarta (24/4/2017).

Menurut Muhadjir, langkah strategis dalam membangun SDM ke depan ini perlu digencarkan karena persaingan global yang semakin kompetitif dan akan lebih banyak variasi lapangan pekerjaan. Untuk itu program ini harus dilakukan secara kontinyu dan diperbarui.

Sarana dan prasarana pendidikan khususnya fasilitas praktikum masih kurang secara kuantitas dan kualitas. Teknologi yang digunakan masih tertinggal dari kebutuhan pasar kerja industri saat ini. Disisi lain, saat ini guru SMK membutuhkan perhatian yang serius, karena keberadaan guru bidang produktif sangat penting dalam dalam penguatan keterampilan siswa.

"Program ini juga mengadopsi dual system dari negara-negara industri maju,yang akan meningkatkan kualitas guru sekaligus memotivasi kreasi dan inovasi para siswa setelah lulus agar tidak canggup dengan dunia kerja," terang Mendikbud.