KASAL Yudo Margono Kunjungan Kerja ke Perbatasan RI-Malaysia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Nunukan- Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono beserta rombongan dengan  didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto berkesempatan meninjau langsung situasi perbatasan Sebatik (RI) - Tawau (Malaysia). Dengan menggunakan KAL Mamburungan Lantamal XIII Tarakan dan Sea Reader Lanal Nunukan, Selasa (11/8/2020).

Dalam kunjungan di Sebatik tersebut,  Kasal juga meninjau Pos TNI AL (Posal) Sei Pancang dan Satrad CSS (Coastal Surveillance Station) serta Pos Pamtas Sei Pancang yang memiliki tugas pengawasan dan pengamanan terhadap lalu-lintas laut dan keluar masuk lintas batas RI-Malaysia.

Selanjutnya Kasal berkunjung ke Kotis Satgasmar Ambalat-20 di bawah Kodal Komandan Guspurla Koarmada II, dan berkesempatan bertatap muka serta memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit. Beliau berpesan, "Jaga diri dan bangun sinergitas dengan pihak lain, baik TNI, Polri, Aparat Pemerintah dan Tokoh Masyarakat untuk saling bahu-membahu membangun wilayah ini. Tugas kalian adalah tugas mulia. Kehormatan Bangsa dan Negara di wilayah perbatasan ada di tangan kalian," pesan KASAL

Sementara itu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia, Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla bersama Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Melonguane pelayaran ekspedisi dari Melonguane ke Pulau Miangas dengan menggunakan sea rider, Selasa (11/8/2020). Pelayaran tersebut dalam pengamatan Dispen Al  membawa bendera merah putih ukuran empat setengah meter kali tiga meter yang dikibarkan di haluan sea rider.

Setibanya di Pulau Miangas, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla menyerahkan bendera merah putih ukuran besar tersebut kepada Pjs Komandan Pos Pengamat TNI AL (Danposal) Miangas Lettu Marinir Bania Langkari dan Kepala Desa Miangas Yan Peter Lupa di Tugu 0 (nol) kilometer utara Indonesia Pulau Miangas sebagai simbol bahwa ia memerintahkan Danposal Miangas serta mengajak Kepala Desa Miangas untuk terus menjaga keamanan, kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia di Pulau Miangas yang wilayahnya berbatasan dengan negara Filipina.

Selama menjabat Danlanal Melonguane, Perwira Menengah Korps Marinir kelahiran Baturaja ini telah tiga kali mengunjungi pulau kecil terdepan di perbatasan paling utara NKRI dan dua diantaranya menggunakan searider.

Menutup pernyataannya, Perwira Menengah yang sebelumnya berdinas di Mabes TNI Angkatan Laut (Mabesal) ini mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud dan khususnya di Kecamatan dan atau Desa Miangas di Pulau Miangas untuk terus meningkatkan jiwa nasionalisme, rasa cinta tanah air Indonesia, terus menjaga keamanan, kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.