Pelaku Usaha Mendukung New Normal Demi Cegah PHK Massal

Oleh : Candra Mata | Selasa, 26 Mei 2020 - 18:39 WIB

INDUSTRY co.idJakarta, Upaya Pemerintah untuk kembalikan roda perekonomian di tengah pandemi covid-19 melalui New Normal didukung oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) demi mencegah PHK massal.

"Jika tidak ada New Normal atau pembukaan ekonomi dan bisnis, dikhawatirkan terjadi PHK massal pada Agustus 2020. Karena pengusaha bisanya sampai Agustus, setelah itu tidak sanggup lagi jadi bisa PHK besar-besaran karena kan enggak ada pemasukan," kata Shinta melalui diskusi online dengan IDX, Selasa (26/5/2020).

Adapun, skenario Normal Baru yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) No HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

"Kita memang akan berbeda dalam membuka usaha karena kita akan lebih ketat dalam protokol kesehatan dan kembali menggerakkan roda perekonomian," ungkap Shinta.

"New Normal sejatinya upaya kompromi antara kesehatan dan ekonomi dengan harapan roda perekonomian kembali bergerak dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat," tutupnya.