Rachmawati Sebut Megawati Pemicu Negara Amburadul

Oleh : Marlen Erikson | Rabu, 07 Desember 2016 - 23:53 WIB

INDUSTRY.co.id - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri disebut sebagai penyebab konstitusi negara menjadi amburadul. Hal itu terkait amandemen UUD 1945 yang ditandatangi Megawati pada 2002 yang lalu.

Demikian disampaikan adik kandung Megawati, Rachmawati Soekarnoputri, di kediamannya, Jakarta, Rabu (7/12). Menurutnya, akibat amandemen UUD itu, konstitusi negara berubah dari cita-cita Presiden pertama Soekarno.

"Akibat dari amandemen yang dilakukan tahun 2002 yang ditandatangani oleh Megawati, itu mengubah sifat konstitusi kita yang didekritkan oleh Presiden Soekarno tahun 1959," kata Rachma.

Terutama Pasal 33, kata Rachma, menghilangkan aspek keadilan sosial yang mengakibatkan produk yang ada saat ini menjadi liberal kapitalistik.

Atas dasar itulah, lanjut Rachma, sejumlah tokoh nasional lainnya meminta agar DPR/MPR mengembalikan UUD 1945 kepada yang asli. Sebab, dengan amandemen itu membuka peluang asing untuk kembali menjajah Indonesia.

"Saya prihatin, ini ada ribuan buruh asing ke sini, investasi asing. Saya mendapat juga gambaran (dari) Pangdam Jaya, dari Sabang sampai Merauke itu dipenuhi bendera-bendera asing," tegasnya.