Diisukan Meninggal Akhirnya Pemimpin Korut Kim Jong Un Muncul ke Publik, Seluruh Peserta Bersorak

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:13 WIB

INDUSTRY.co.id - Korut, Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un kembali tampil di publik setelah dikabarkan kesehatannya memburuk awal April lalu bahkan disebut telah meninggal. 

Dilansir AFP, kantor berita KCNA melaporkan Kim menghadiri pembukaan pabrik pupuk di utara Pyongyang, Korea Utara, Sabtu (2/5).

"Kim menghadiri acara dan seluruh peserta bersorak ketika dia muncul. Dia juga melakukan inspeksi ke seluruh fasilitas pabrik dan diberikan penjelasan terkait proses produksi," kata laporan KCNA. 

Kim "dengan emosi yang dalam" mengatakan bahwa kakeknya Kim Il-sung dan ayahnya Kim Jong-il "akan sangat senang jika mereka mendengar bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun," ujar KCNA. 

Isu kesehatan Kim muncul pada 15 April, ketika ia tidak hadir pada perayaan ulang tahun Kim Il-sung yang menjadi hari penting di kalender Korea Utara. 

Kesehatannya dikabarkan kritis, bahkan sempat mengalami kendala gagal operasi jantung sehingga memunculkan spekulasi tentang meninggal dirinya serta siapa penggantinya.