Komunitas Bogor Youth Forum Bergerak Bagikan Bantuan 1200 Lemon Hingga Hand Sanitizer untuk Tenaga Medis

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 07 April 2020 - 07:58 WIB

INDUSTRY.co.id - Bekasi, Bermodal keprihatinan mendalam melihat para tenaga medis berjibaku dalam mengatasi pandemi covid-19 di Indonesia, Komunitas Bogor Youth Forum (BYF) melakukan gerakan penggalangan donasi untuk turun membantu mengatasi wabah virus corona tersebut.  

"Kami memberikan bantuan 1200 Lemon dan Jeruk, 10 Liter Hansanitizer dan 550 Masker untuk tenaga medis yang tengah berjuang menyelamatkan masyarakat yang terpapar virus covid-19," ungkap Ecci Koordinator Komunitas Bogor Youth Forum kepada Industry.co.id Selasa (7/4).

Adapun lokasi yang di pilih sebagai penyaluran donasi tersebut yaitu Puskesmas Belong di Kota Bogor, Puskesmas Ciomas Kabupaten Bogor dan Pusat Kota Jalan Raya Tugu Kujang. 

Menurut Ecci ide pemberian Masker, Hand Sanitizer, lemon dan jeruk sebagai hasil penggalangan dana covid-19 yang dilakukan oleh komunitasnya. 

"Bantuan tersebut untuk membantu tenaga medis meningkatkan imunitas tubuh, dan itu adalah update dari 7 hari penggalangan dana. Kami akan terus mengupdate setiap harinya," ujar Ecci. 

Selain tenaga medis, bantuan Lemon dan jeruk juga diberikan kepada Ojek online yang melintas. 

Selanjutnya pemberian masker juga diberikan  kepada para pengguna jalan kaki yang berada di area donasi. 

Sementara itu Founder Bogor Youth Forum (BYF) Ramadhan Subakti (Umo) mengatakan, kegiatan ini murni spirit kaum muda di Bogor untuk responsif terhadap isu Global yaitu Covid-19. 

BYF prihatin melihat pandemi ini tak kunjung berhenti, sekaligus membantu menyemangati 'garis pertahanan terakhir' yakni para tenaga medis. 

“Walaupun tidak banyak, mudah-mudahan bisa bantu hari esok mereka lebih baik, karena secara kebatinan, kami ikut merasakan saat turun ke puskesmas dan jalan raya” kata umo.

Umo juga menambahkan konsep yang dipakai BYF dalam merespon isu ini ada tiga bantuan. 

"Pertama, membantu sosialisasi informasi yang valid, kedua membantu pendanaan lewat donasi dan terakhir membantu biar engga jenuh dirumah aja," pungkasnya.