Gurita Ternyata Pencinta Musik

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 29 Maret 2020 - 15:54 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Tidak Cuma manusia yang menggemari musik. Gurita pun menyukai nada-nada indah. Tentu saja jenis musik manusia berbeda dari musik yang disukai gurita. Si tangan delapan yang hidup di dasar laut itu menyukai nada sinyal dengan frekuensi rendah (subtronik).

Perilaku Gurita ini mengilhami Agus Cahyadi. Peneliti di Pusat Riset Teknologi Kelautan Badan Riset kelautan dan perikanan (BRKP) Departemen Kelautan Dan Perikanan(DKP) itu akhirnya berhasil menciptakan alat pancing Gurita modern untuk menggantikan cara tradisional yang menggunakan tombak sambil menyelam. Cara tradisional ini dianggap merusak karang tempat persembunyian Gurita.

Dari hasil inovasi tersebut, Agus Cahyadi mendapat penghargaan dari Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Atas Karya Inovasi Alat Pancing Gurita Elektonik. Sebagai satu satu dari 101 Inovasi paling prospektif – 2009. Agus juga pernah di undang Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono,  ke istana negara, pada tanggal 17 Agustus 2009.