Terganjal Lartas Kemenkes, Importir Tak Bisa Suplai Masker

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Maret 2020 - 13:04 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mewabahnya COVID-19 membuat berbagai sektor usaha melemah. Pelaku usaha yang bergerak dibidang impor ekspor mengeluhkan beberapa kebijakan pemerintah yang dinilai tidak tepat.

Misalnya lartas Kemenkes yang mengakibatkan pelaku usaha tidak bisa melakukan impor beberapa barang untuk pencegahan penularan COVID-19.

"Sebaiknya ada beberapa lartas yang dihilangkan seperti lartas Kemenkes. Masak kita sendiri kekurangan masker," kata Faizal Al Edrus, Founder CEO & Co-Founder Importir.com

Faizal mengatakan, saat ini pihaknya tidak bisa mengimport beberapa produk untuk membantu mengurangi penyebaran virus COVID-19 akibat terganjal lartas Kemenkes tersebut.

"Saat ini importir.com tidak dapat mengimport produk tersebut (Masker) untuk membantu supply nya karena lartas dari Kemenkes," ungkap Faizal saat dihubungi INDUSTRY.co.id melalui pesan singkat, Jumat (20/3/2020).

Namun demikian, pihaknya mengapresiasi beberapa kebijakan pemerintah yang dinilainya sangat tepat. "Ada beberapa langkah pemerintah yang menurut saya bagus sekali seperti menghilangkan cukai untuk produk etil alkohol dan mengimport alat test corona untuk tes massal," ungkap Faizal.

Faizal yang juga Founder Jaloor.com ini menilai, akan lebih baik jika pemerintah memusatkan kepada produk-produk yang dapat mendeteksi atau mencegah corona agar "panic" di Indonesia mereda akan dapat berefek kepada ekonomi.

"Hal serupa juga baik jika di terapkan dalam logistik makanan," pungkas Faizal.