Distribusi ke Muslim India Terdampak Konflik Murni Bantuan Kemanusiaan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 13 Maret 2020 - 21:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam melakukan berbagai kegiatan baik dalam dan luar negeri, selalu mengedepankan sisi kemanusian tanpa terlibat isu politik.

"Mengingat hal tersebut, menyesalkan pihak yang mengeluarkan informasi gak bertanggung jawab bahkan gak klarifikasi," kata Syuhelmaidi Syukur, Dewan pembina ACT di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Mengenai bantuan kemanusiaan ke India, ACT hanya memberikan bantuan ke korban di Newdelhi India. Bukanlah sebagai lembaga yang menjadi kompor meledaknya kerusuhan. Secara fakta, tim ACT sampai ke India tanggal 7 Maret 2020. Padahal kerusuhan terjadi sejak 23 Februari 2020.

Perlu dicatat, ACT bekerja punya dua tujuan pertama untuk korban bencana alam tanpa melihat ras, suku dan agama. Semua korban yang terkena bencana alam akan mendapatkan bantuan logistik dan obat-obatan. Kedua, bantuan bagi korban konflik, salah satunya di India.

"Tangani konflik yaitu yang menjadi korban. Gak terlibat isu politik," katanya.

Ibu Hajar, VICE President Aksi Cepat Tanggap (ACT) merasa tersakiti oleh pemberitaan yang tidak benar oleh salah media nasional tersebut. "Tuduhan tanpa klarifikasi itu merupakan kejahatan," katanya.