Pertama di Indonesia, Terminal Baru Bandara Blimbingsari Berkonsep Hijau

Oleh : Hariyanto | Minggu, 26 Maret 2017 - 12:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi, Terminal baru Bandara Blimbingsari sebentar lagi akan beroperasi. Terminal berkonsep hijau pertama di Indonesia itu masih menunggu beberapa teknis, hingga nantinya dapat beroperasi.

Ditemui saat meninjau terminal baru bandara tersebut, Sabtu (25/3/2017), Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menuturkan, terminal baru ini menjadi ikon wisata sekaligus memberi ruang yang cukup bagi penumpang.

"Terminal lama sudah tidak mencukupi seiring lonjakan penumpang yang mencapai lebih dari 1.300 persen dalam lima tahun terakhir,” tutur Anas.

Terminal baru dengan konsep atap rumah Osing tersebut diharapkan bisa beroperasi sebelum Lebaran atau pada awal Juni 2017. Jika terealisasi, jadwal itu akan berbarengan dengan rencana rute penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi.

"Konsep karya arsitektur yang menerabas pakem relatif sulit diterapkan di bangunan yang didanai pemerintah, tapi di Banyuwangi, justru karya anti-mainstream justru kami beri ruang. Sehingga bangunan publik tidak hanya bermakna proyek, tapi juga bermanfaat bagi ekonomi masyarakat dan pengembangan sosial-budaya,” tandasnya. (Hry/bj)