RI Bakal Perkenalkan Making Indonesia 4.0 di Hannover Messe 2020

Oleh : Ridwan | Rabu, 04 Desember 2019 - 18:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menjadi negara mitra resmi di Hannover Messe 2020, juga menjadi salah satu upaya bagi Indonesia untuk memperkenalkan peta jalan Making Indonesia 4.0 yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu. 

"Selain itu, mendorong peningkatan investasi dan ekspor dari sektor industri manufaktur, serta pengembangan infrastruktur digital di Indonesia," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi ketika Konferensi Pers tentang rencana penyelenggaraan Hannover Messe 2020 di Jakarta, Rabu (4/12).

Doddy menyampaikan, dengan mengusung Making Indonesia 4.0, pihaknya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa pelaku industri di Indonesia telah dan sedang bersiap menghadapi tantangan yang semakin kompleks terutama mengenai penerapan industri 4.0.

"Kesiapan mulai dari sisi SDM, bahkan infrastruktur pendukung seperti kawasan industri, juga akan ditampilkan. Sehingga diperoleh potret menyeluruh atas potensi industri manufaktur di Indonesia," tuturnya.

Di Hannover Messe 2020, Paviliun Indonesia akan berdiri di area seluas 2.548 meter persegi. Paviliun ini bakal menampilkan eksibisi dari pelaku industri di lima sektor prioritas dalam Making Indonesia 4.0, yakni industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian, industri otomotif, industri kimia, dan industri elektronik.

"Dari lima sektor tersebut, secara total mewakili 65% dari ekspor nasional," ungkapnya. 

Selain itu, di Paviliun Indonesia terdapat eksibisi yang bersifat tematik mengikuti display category Hannover Messe
2020. "Diharapkan lebih dari 100 pelaku industri dalam negeri akan mengisi paviliun tersebut, dengan fasilitasi pemerintah," lanjutnya.

Pameran Hannover Messe sudah berlangsung selama 72 tahun. Dalam periode 2016-2019, telah tercatat rata-rata pengunjung sebanyak 210.000 orang. Hannover Messe merupakan salah satu pameran internasional terkemuka dengan catatan penyelenggaraan tahun 2019 diikuti lebih dari 6.500 exhibitors yang mewakili 73 negara, dihadiri lebih dari 215.000 pengunjung internasional dari 91 negara, dan menghasilkan sekitar 5,6 juta kontak bisnis.

Pada Hannover Messe 2019, Swedia berkesempatan menjadi Official Partner Country. Selain itu, China (2012), Rusia (2013), Belanda (2014), India (2015), USA (2016), Polandia (2017),dan Mexico (2018) juga pernah didapuk menjadi Partner Country pada ajang tersebut.