Tiongkok Lirik Investasi Ketenagalistrikan di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 16 Maret 2017 - 09:14 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar terhadap pengembangan teknologi mobil listrik di Tanah Air.

Ketersediaan listrik jadi syarat utama karena kebutuhan listriknya yang besar, sehingga kelihatan betapa penting dan strategisnya program 35.000 MW untuk mendukung perkembangan ekonomi Indonesia.

Sehubungan dengan itu, XD Group China menyampaikan komitmennya untuk memasok energi dan peralatan transmisi yang handal.

"Kami ingin berkontribusi dan berbagi pengalaman dalam pembaruan konstruksi jaringan listrik di Indonesia," ungkap General Manager XD Group China, Zhang Ya Lin saat acara peresmian pabrik Transformator Tenaga PT XD Sakti Indonesia di Jawa Barat (15/3/2017).

Zhang menambahkan, Investasi ini membuka bidang baru dengan menggabungkan teknologi Tiongkok dan pasar kelistrikan yang besar di Indonesia.

Menurut data BKPM, investasi perusahaan-perusahaan Tiongkok di Indonesia pada tahun 2016 mencapai sekitar USD 2,6 miliar, dan sekaligus menjadikan Tiongkok sebagai negara peringkat ketiga terbesar yang menanamkan investasinya di Indonesia.

Sementara berdasarkan United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD), Indonesia berada di peringkat ke-9 untuk negara tujuan investasi.