Sony Indonesia Umumkan Pemenang “Sony Eco Shopping Bag Design Contest”

Oleh : Nina karlita | Rabu, 18 September 2019 - 19:14 WIB

INDUSTRY.co.id - (JAKARTA, 18 SEPTEMBER 2019) – Berlangsung di kantor pusat Sony Indonesia, Langit Diwangkara, mahasiswa Universitas Gunadarma Jakarta berusia 18 tahun diumumkan sebagai pemenang Sony Eco Shopping Bag Contest. Adapun desain pemenang akan dipakai sebagai reusable shopping bag (kantong belanja yang dapat digunakan kembali) di semua Sony Center di Indonesia. 

Hadir dalam acara bincang-bincang bersama rekan media dan pengumuman SONY “Eco Shopping Bag Design pemenang tersebut adalah Kazuteru Makiyama, Presiden Direktur PT Sony Indonesia; Ade Swargo Mulyo, Director of Partnership WWF (World Wildlife Fund) Indonesia; dan Langit Diwangkara, pemenang Sony Eco Shopping Bag Contest.

Kazuteru Makiyama, President Director, PT Sony Indonesia berkata, “Kami sangat senang melihat banyaknya desain yang begitu kreatif yang dikirimkan generasi muda Indonesia yang sangat berbakat dan peduli terhadap lingkungan hidup. Dalam pemilihan pemenang, ada empat kriterea yang menjadi penilain tim juri, yaitu: desain, kualitas isi, kreativitas dan nilai lingkungan. Kami ucapkan selamat kepada Langit Diwangkara, mahasiswa berusia 18 tahun yang mengirimkan desain yang secara keseluruhan mendapatkan nilai tertinggi. Pesan yang ingin disampaikan oleh Langit melalui hasil karyanya juga kami nilai sangat bagus untuk didengar oleh generasi muda Indonesia.”

Pada tanggal 2 Agustus 2019, Sony Corporation meluncurkan One Blue Ocean Project, sebuah inisiatif untuk mengurangi sampah plastik di laut. Proyek ini mempromosikan usaha pengurangan penggunaan plastik di seluruh dunia, dan di saat yang bersamaan juga berkontribusi terhadap komitmen Sony untuk mencapai zero environmental footprint di tahun 2050. Selain itu, proyek ini juga mengajak untuk mengumpulkan dan membersihkan sampah dari sungai, pantai dan lokasi lainnya di seluruh dunia.

Sejalan dengan proyek dan tema Sony secara global One Blue Ocean Project dan “For the Next Generation” (Untuk Generasi Selanjutnya), Sony Indonesia melalui Sony Eco Shopping Bag Design Contest ingin meningkatkan kesadaran generasi muda Indonesia tentang pentingnya mendukung, melindungi dan memelihara lingkungan. Sony Eco Shopping Bag Design Contest telah dilaksanakan dari 1 Mei 2019 hingga 30 Juni 2019 bagi para pelajar dan mahasiswa, generasi penerus Indonesia. 

Secara total, sebanyak 127 desain diterima oleh Sony Indonesia. Sebagai pemenang dari Sony Eco Shopping Bag Design Contest, desain dari Langit Diwangkara akan dipakai sebagai reusable shopping bag (kantong belanja yang dapat digunakan kembali) di semua Sony Center di Indonesia. Selain itu, Langit juga mendapatkan beasiswa pendidikan sebesar Rp 20.000.000.

Berbicara mengenai ide dibalik desain pemenangnya, Langit Diwangkara, pemenang Sony Eco Shopping Bag Contest berkata: “Sehari-hari kita menempati bumi dan memanfaatkan isi yang ada di bumi, namun, apakah kita pernah berpikir mengenai apa yang diinginkan bumi? Inilah ide yang menginspirasi saya untuk menciptakan desain kantong belanja Sony. Memahami dan  SONY “Eco Shopping Bag Design Contest” mendengarkan bumi adalah salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan bumi. Kita bisa mulai menjaga dan melestarikan bumi dengan mengurangi penggunaan plastik.”