Dukung Wisata Danau Toba, Pemerintah Siap Bangun Hotel Mewah

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 07 Februari 2019 - 11:24 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Pemerintah Jokowi-JK terus mendorong pengembangan destinasi pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menargetkan proses pembangunan, terutama groundbreaking bangunan hotel di kawasan tersebut sudah dapat dimulai pada kuartal III tahun ini.

"Tadi kita mau groundbreaking hotel-hotel sudah mulai kuartal III," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Menurut Luhut, proses pembebasan lahan untuk pembangunan hotel sebagian besar sudah rampung. Sertifikat lahan dengan luas sekitar 386 hektare tersebut sudah ada.

"Kalau kuartal II belum siap. Jadi sudah kita siapkan. Tanah 386 hektare atau berapa tadi tuh hampir semua sudah beres sertifikat sudah ada tinggal dana infrastruktur kemudian ada dana kerohiman beberapa tempat kita sedang bereskan itu tinggal kita hitung," jelas Luhut.

Luhut sudah mengagendakan akan bertemu dengan 7 pengembang hotel di kawasan tersebut. "Itu ada 6-7 hotel. nanti minggu depan saya undang kemari yang 7 supaya paralel semua. (Investasi?) Wah itu mungkin beberapa triliun kali itu," tandasnya