Tingkatkan Pelayanan, Patuna Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 07 Januari 2019 - 16:44 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Patuna Mekar Jaya, perusahaan penyelenggara perjalanan ibadah haji dan umrah meraih sertifikasi manajemen mutu ISO 9001: 2015. Penyerahan sertifikasi tersebut diberikan langsung auditor Abdul Rahman Nasution dari Partner Certificate Assurance kepada Patuna Travel, Senin (7/1/2019).

Ini merupakan sertifikasi terbaru sejak dari tahun 2008 lalu dikeluarkan. Abdul Rahman mengatakan, sertifikasi 9001:2015 merupakan sertifikasiinternasional di bidang sistem manajemen mutu.

Artinya, Patuna telah sah mendapatkan akreditasi internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu jasa yang dihasilkannya.

"Sistem manajemen yang dikelola menuju mutu yang lebih baik disuatu perusahaan," ujarnya

Untuk penilaian telah dilakukan di pusat dan dicabang baik dari top manajemen, SOP hingga implementasi data-data ditiap unit yang ada, kemudian dari situ baru disimpulkan apakah bisa mengantongi layak ISO 9001: 2015.

Lanjutnya, jadi baik kantor pusat Patuna maupun cabang yang berada di Bekasi, Cikarang, Bintaro, Tangerang City dan Depok telah memenuhi manajemen mutu.

Sementara itu, Dirut PT Patuna Mekar Jaya , Syam Resfiadi mengatakan bahwa proses lama ini bukan semata-mata manajemen tidak sanggup untuk mengikuti aturan ISO oleh Kemenag.

Sertifikasi ini lebih sulit daripada 2008, paling tidak manajemen sudah terupdate manajemen mutu yang terbarukan . Dan selama dua tahun berjalan dibina bersama tim konsultan kita, Alhamdulillah dari pihak PCA memberikan ISO tersebut.

"Walaupun sertifikasi selama tiga tahun kami akan lakukan audit internal tiap tahun untuk tercapainya pelayanan terbaik bagi konsumen," ujarnya

Bagi perusahaan yang berhasil memperoleh sertifikat ISO tersebut, akan mendapatkan kepercayaan dari jamaah karena telah memiliki standar mutu dan sistem manajamene yang baik sesuai standar internasional. Sertifikasi berstandar internasional ini juga dapat menjadi alat pemasaran yang baik bagi perusahaan.

Dengan adanya pencapaian ini akan memotivasi kita untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada jamaah, tandasnya