Layani Generasi Milenial, Pegadaian Segera Luncurkan Produk Fintech

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 03 Januari 2019 - 17:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) siap mengembangkan layanan berbasis fintech. Layanan tersebut masih tahap pengembangan sistem dan teknologi, serta direncanakan akan rilis pada semester II 2019.

“Kami sedang menyiapkan kredit scoring untuk bisa menyeleksi peminjam yang layak. Kemudian, kami juga menyiapkan sistem penagihannya,” kata Direktur Teknologi Digital Pegadaian Teguh Wahyono dalam keterangan persnya kemarin.

Namun, untuk saat ini, pendirian perusahaan fintech tersebut masih tahap awal. Nantinya, perusahaan gadai pelat merah ini akan membidik pasar dan model bisnis yang berbeda dengan industri fintech yang sudah ada di pasaran.

“Kami tidak ikut pasar dan model mereka karena tidak ingin menyaingi. Kami punya konsep yang unik di Pegadaian,” tambahnya.

Layanan fintech Pegadaian ini khusus menyasar nasabah dari kalangan milenial perkotaan. Hal ini sejalan dengan upaya perseroan untuk menciptakan inovasi baru dalam memenuhi kebutuhan milenial yang mendominasi segmen nasabah Pegadaian.

Oleh karenanya, Pegadaian menargetkan jumlah nasabah sampai akhir tahun 2018 mencapai 2,5 juta orang, di antaranya menjadikan usia milenial sebagai nasabah aktif. Karena kalangan milenial dinilai bisa menjadi nasabah potensial Pegadaian di masa tiga hingga lima tahun ke depan. Sepanjang 2018, nasabah Pegadaian telah mencapai 10,5 juta jiwa. Sekitar 65% nasabah aktif merupakan nasabah usia produktif yaitu 45 tahun.