Anak Usaha APOL Lakukan Transaksi Afiliasi Jual Beli Kapal Senilai Rp16 Miliar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 25 Desember 2018 - 12:33 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Arpeni Pratama Ocean Line Tbk (APOL) menerangkan, tiga anak usahanya melakukan transaksi afiliasi dalam jual beli kapal senilai Rp16 miliar.

Mengutip keterbukaan informasi BEI, Senin (24/12/2018), transaksi adalah PT Buana Jaya Pratama (BJP) dan PT Buana Samudra Pratama (BSP) yang masing-masing menjual dua unit kapal. Sedangkan, PT Mega Finadana selaku pembeli kapal yang terjadi pada 19 Desember 2018.

Untuk PT BJP menjual kapal dengan nama Pacitan jenis kapal motor tunda dan kapal dengan nama Mega Two jenis kapal motor tunda. Sementara PT BSP menjual kapal yang bernama kapal Buana 3001 dan Buana 3002 untuk jenis kapal tongkang.

 

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan APOL adalah bergerak dalam bidang pengangkutan domestik dan internasional, terutama mengusahakan dan menjalankan pengangkutan barang dengan kapal laut, serta melaksanakan pembelian dan penjualan kapal-kapal.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Arpeni Pratama Ocean Line Tbk, antara lain PT Mandiri Sanni Pratama (induk usaha dan induk usaha terakhir) (76,024%) dan PT Ayrus Prima (7,276%).