Dubes AS Sambut Baik Kemitraan AS-Jepang dalam Proyek PLTGU Jawa 1 di Karawang

Oleh : Hariyanto | Rabu, 19 Desember 2018 - 16:08 WIB

INDUSTRY.co.id - Karawang - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. menyambut baik kontribusi perusahaan Amerika dan Jepang dalam pembangunan proyek terintegrasi infrastruktur gas dan pembangkit listrik gas (PLTGU) Jawa 1 yang dilaksanakn di Cilamaya, Karawang - Jawa Barat, Rabu (19/12/2018).

"Proyek PLTGU Jawa 1, adalah hasil dari Kemitraan Energi Strategis Jepang-AS (JUSEP) yang mencerminkan pertumbuhan berkualitas tinggi dan berkesinambungan yang dinakhodai sektor swasta yang didukung oleh JUSEP di seluruh Indo-Pasifik," kata Donovan.

Donovan mengatakan bahwa membantu negara-negara Asia Tenggara membangun infrastruktur gas alam cair merupakan fokus utama Strategi Indo-Pasifik Presiden Trump, serta program Meningkatkan Pengembangan dan Pertumbuhan Melalui Energi atau Asia EDGE.

Asia EDGE dan JUSEP bertujuan untuk mengkatalisasi – bukan menggantikan – investasi sektor swasta dengan memungkinkan reformasi sektor energi dan menumbuhkan pasar energi yang berkesinambungan dan aman di seluruh Indo-Pasifik.

Donovan juga menyampaikan selamat kepada GE atas perannya dalam proyek ini. Bagian dan komponen AS akan berkontribusi sebesar US$200 juta atau Rp 2,9 triliun untuk PLTGU Jawa 1, termasuk turbin gas GE yang sangat efisien dan rendah emisi yang dibuat di South Carolina. PLTGU Jawa 1 akan menghasilkan 1.760 megawatt listrik yang dapat diandalkan dan terjangkau untuk 11 juta rumah di Indonesia.

“Energi adalah sumber kehidupan ekonomi modern dan tenaga listrik yang diproduksi PLTGU Jawa 1 akan menyediakan energi yang efisien dan terjangkau bagi keluarga dan sector usaha di Indonesia. Amerika Serikat menantikan untuk mendukung kemitraan lainnya yang memajukan visi kita bersama akan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar Dubes Donovan.