Pembangunan PLTGU Jawa 1 Berkapsitas 1.760 MW Resmi Dimulai

Oleh : Hariyanto | Rabu, 19 Desember 2018 - 10:25 WIB

INDUSTRY.co.id - Karawang - Pembangunan proyek terintegrasi infrastruktur gas dan pembangkit listrik gas (PLTGU) Jawa 1 resmi dimulai hari ini, Rabu (19/12/2018) yang berlokasi di Desa Cimalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution yang didampingi Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan & Pariwisata Kemen BUMN Edwin Hidayat Abdullah; Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati; dan Direktur  Pengadaan Strategis PLN Supangkat Iwan Santoso. 

Pembangunan pembangkit pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini memadukan infrastruktur gas (LNG-FSRU) dan pembangkit listrik ini berkapasitas 1.760 MW. 

Turut hadir dalam acara tersebut  Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr; Duta besar Jepang Masafumi Ishii; Duta Besar Korea, Kim Chang Beom; Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari; serta dihadiri Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Tanri Abeng; direksi dan komisaris Pertamina dan PLN.

“Proyek ini merupakan bagian dari komitmen dan kolaborasi BUMN besar Indonesia yakni Pertamina dan PLN, untuk memberikan solusi LNG to Power guna menghasilkan energi bersih dan terjangkau dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Pengerjaan PLTGU Jawa 1 dilakukan oleh PT Jawa Satu Power, yang merupakan perusahaan konsorsium dari PT Pertamina Power Indonesia (PPI) - anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero), Marubeni Corporation dan Sojitz Corporation.  

Dengan konstruksi infrastuktur gas dan pembangkit tenaga listrik terpadu ini terdiri dari LNG/gas Floating Storage Revasification Unit (RFSU) dan dua gas turbin paling efisien dengn tingkat emisi terendah.