Pajak Tembakau Solusi Win-Win-Win untuk SDGs

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 September 2018 - 14:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Koordinator Unit Ekonomi Pengendalian Tembakau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Jeremias N Paul mengatakan pengenaan pajak terhadap produk tembakau merupakan solusi "win-win-win" bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's).

"Seperti menembak tiga burung dengan satu batu, kesehatan masyarakat, keadilan dan pendapatan negara," kata Jeremias dalam workshop bagi jurnalis yang merupakan bagian dari Konferensi Asia Pasifik untuk Tembakau dan Kesehatan ke-12 (APACT12th) di Nusa Dua, Bali, Rabu (12/9/20190 .

Jeremias mengatakan pengenaan pajak terhadap produk tembakau merupakan cara paling efektif untuk mengurangi konsumsi tembakau, yang pada akhirnya mencegah kematian dan kecacatan.

Bila masyarakat lebih sehat karena konsumsi tembakau berkurang, anggaran pelayanan kesehatan bisa berkurang yang akan menguntungkan kelompok miskin.
 

"Pajak tembakau juga dapat meningkatkan pendapatan negara, yang kemudian bisa diinvestasikan untuk kesehatan," jelasnya.

Jeremias menjadi salah satu pembicara dalam workshop jurnalis yang merupakan salah satu acara prakonferensi dari APACT12th untuk memberikan pemahaman tentang pengendalian tembakau kepada para jurnalis dari Asia Pasifik.

Selain Jeremias, pembicara lainnya adalah Penasihat Senior Vital Strategies Judith Mackay, Koordinator Knowledge for Progress (PROGGA) Bangladesh Hasan Shahriar, Koordinator Program Pengendalian Tembakau Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta Ahmad Nurhasim dan jurnalis Desi Anwar. (Ant)