ANTAM Proyeksikan Peningkatan Ekspor Sebesar 66 Persen di Tahun 2018

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 September 2018 - 10:42 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) memproyeksikan peningkatan ekspor 66%, senilai US$ 1,04 miliar di tahun 2018 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar US$ 630 juta. 

Proyeksi ekspor ANTAM tahun ini terdiri dari 25 kilo ton nikel dalam feronikel, 4.05 juta wet metric ton bijih nikel, 1.25 juta wet metric ton bijih bauksit dan 12 ton emas.

Ekspor ANTAM terutama dikirimkan ke negara-negara Korea Selatan, Eropa, India, Taiwan, Jepang, Singapura, Hong Kong, dan Tiongkok.

Direktur Operasional PT Antam Tbk Hari Widjajanto mengatakan, kinerja produksi dan penjualan Antam pada tengah tahun 2018 terutama dikarenakan optimalnya kegiatan operasional komoditas inti perusahaan yakni nikel, emas dan bauksit. 

"Untuk produksi dan penjualan feronikel ANTAM pada tengah tahun 2018 didukung oleh stabilnya operasional pabrik feronikel Pomalaa dan Antam terus menjaga level biaya tunai untuk meningkatkan daya saing serta menjadi salah satu produsen feronikel global berbiaya rendah," kata Hari melalui keterangan pers yang diterima, Kamis (13/9/2018).

Lebih lanjut Hari mengatakan, untuk produksi dan penjualan emas, ANTAM terus meningkatkan utilitas pengolahan pabrik pemurnian logam mulia. 

"Sedangkan untuk produksi dan penjualan bijih nikel dan bijih bauksit, Antam mengoptimalkan penjualan sesuai dengan kuota ekspor yang diperoleh saat ini," pungkas Hari.