Rizal Ramli: Gorontalo Provinsi Kecil, Orang Hebatnya Banyak Banget

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Agustus 2018 - 06:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Gorontalo -Meski Provinsi Gorontalo belum genap berusia 18 tahun, dan jumlah penduduknya-pun kurang dari 1,5 juta, ternyata banyak tokoh Indonesia berpengaruh yang terlahir dari daerah hasil pemekaran Sulawesi Utara yang berjulukan Bumi Serambi Madinah itu.

“Orang hebat di Gorontalo nih banyak betul, ada mantan Presiden RI Pak BJ Habibi, ada Profesor John Katili ahli geologi, ada Profesor HB Yasin ahli sastra, ada Profesor JS Badudu ahli bahasa,” ujar ekonom senior Dr Rizal Ramli saat berbincang dengan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di rumah dinasnya, Sabtu (25/8/2018) malam.

Selain itu, sambung mantan Menko Ekuin era Presiden RI Abdurahman Wahid itu, ada juga pengusaha ternama, seperti, Ciputra, Arifin Panigoro, Fadel Muhammad, dan Razif Halik Uno.

“Termasuk Pak Jonan (Menteri ESDM) ternyata kakeknya dari Gorontalo juga,” sambung Rizal.

Di Gorontalo, lanjutnya, juga ada Universitas Negeri Gorontalo. Universitas ini merupakan satu dari tiga universitas di Indonesia timur yang berakreditasi A.

Semua itu merupakan sumber daya intelektual manusia yang dimiliki Gorontalo. Jika itu semua dimanfaatkan dengan baik, Rizal Raml

“Jadi walau kecil secara wilayah dan penduduk, Gorontalo punya the power of human resources,” tuturnya.

“Bayangkan 1 juta penduduk saja sudah ngeri sekali, kalau 10 juta Indonesia bisa dikuasai Gorontalo semua ini,” tukas Rizal Ramli yang disambut gelak tawa Bupati Nelson.