Bursa AS Hijaukan Pasar Asia

Oleh : Wiyanto | Senin, 20 Agustus 2018 - 09:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pergerakan bursa saham AS yang positif mampu memberikan imbas yang positif pula pada laju bursa saham Asia di akhir pekan. Nikkei menguat dengan dukungan saham-saham pelayaran.

Analis Pasar Modal Reza Priyambada mengatakan, saham AS juga berimbas ke Kospi naik dengan adanya aksi beli pada saham-saham industri dan otomotif.

"Kembalinya aksi beli pada bursa saham Asia ditopang oleh adanya rilis kinerja sejumlah emiten yang sesuai dengan ekspektasi hingga harapan akan adanya titik temu pertemuan delegasi Tiongkok dan AS," katanya di Jakarta, Senin (20/8/2018).

Sementara, zona Eropa kata dia, terjadi kenaikan permintaan akan aset-aset investasi yang lebih aman seiring belum adanya kepastian penyelesaian resesi ekonomi di Turki membuat laju bursa saham Eropa kembali mengalami pelemahan.  Indeks pan-European Stoxx 600 melemah 0,6 persen, terutama dengan adanya aksi jual pada saham-saham teknologi.

Di samping itu, ia menambahkan, adanya pemberitaan rencana pertemuan antara Presiden Trump dan Presiden Xi Jinping untuk membahas kerjasama dagang di bulan November memberikan imbas positif pada laju bursa saham AS.

"Pelaku pasar kembali melakukan aksi belinya sehingga membuat sejumlah indeks saham AS menguat," katanya.