PLN Pulihkan 60 Persen Pasokam Pascagempa Lombok

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Agustus 2018 - 13:17 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT PLN (Persero) mencatat sudah memulihkan sekitar 60 persen pasokan listrik setelah jaringan distribusi terganggu akibat gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok Utara pada Minggu (5/8).

"Sekarang itu sudah normal 60 persen, tinggal 40 persen yang disebabkan jaringan distribusi itu terkena guncangan sehingga beberapa tiang roboh," kata Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin, saat ditemui awak media di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Amir memaparkan usai gempa mengguncang Lombok Utara, beban puncak konsumsi menurun hanya tinggal 25 persen karena terganggunya jaringan distribusi. Ada pun pada saat normal, beban konsumsi mencapai 220 mega watt (MW).

PLN saat ini terus berupaya untuk memulihkan sejumlah infrastruktur yang terdampak guncangan gempa, seperti melakukan pengujian terhadap sejumlah pembangkit, menormalkan kembali penghantar dan tiang listrik, serta trafo yang sempat roboh.

Menurut dia, pemulihan beban konsumsi listrik di wilayah Lombok dapat diselesaikan dalam kurun waktu seminggu.

"Dilihat dari kondisinya, yang memerlukan cukup waktu karena ada beberapa tiang yang roboh. Itu masih diselesaikan. Kita harapkan dalam seminggu bisa dinormalkan," kata Amir.

Ia menambahkan PLN terus berkoordinasi dengan lembaga terkait, seperti BMKG untuk mengantisipasi adanya gempa susulan serta berkoordinasi dengan tim PLN di luar wilayah Lombok, seperti Bali dan Banyuwangi.