Pengusaha Otomotif Gelisah Dampak Pelemahan Rupiah

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 10 Juli 2018 - 14:59 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Beberapa hari ini rupiah kurs rupiah terus melemah terhadap dolar AS. Dan hari ini rupiah sekarang berada dikisaran Rp 14.314 per dolar AS. Tren pelemahan rupiah nampaknya membuat pelaku industri gelisah, begitu pula dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) bahwa 30 persen kompenon otomotif merupakan produk impor.

Kami ini sudah gelisah, sebab komponen impor yang cukup tinggi, kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Yohannes Nangoi, di Jakarta, Selasa (10/7).

Bila tren pelemahan rupiah terus berlangsung, Yohannes mengatakan, industri mau tak mau harus melakukan penyesuaian harga.

"Tinggal kita tunggu saja merek mana yang akan duluan menyesuaikan karena mungkin juga ada yang masih punya stok jadi bisa bertahan," ujar dia.

Sebelumnya, pabrikan otomotif Hyundai di Indonesia menegaskan harus mengambil sikap untuk menaikan harga jual produknya.

Kami harus mengambil sikap terhadap tren pelemahan kurs rupiah terhadap dolar AS. Sebab kurs Rp 14.400 per dolar saat ini sudah sangat jauh dibandingkan kurs di Desember yang di level Rp 13.500. Apalagi kurs Desember masih menjadi patokan bagi pabrikan otomotif di Indonesia , pungkasnya