Astra Bantu Pengembangan UKM di Banjarbaru Kalsel

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Juli 2018 - 05:21 WIB

INDUSTRY.co.id - Banjarbaru- Perusahaan Astra Internasional membantu usaha kecil menengah di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan terutama dari segi pemasaran produk usaha skala kecil dan rumah tangga itu.

ESR Division Head PT Astra International Riza Deliansyah di Kota Banjarbaru,Minggu (8/7/2018) , mengatakan, pihaknya membentuk Kampung Berseri Astra (KBA) untuk membantu UKM setempat.

"Kampung Berseri Astra yang dibentuk berada di Kompleks Amaco Wengga I Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru," ujarnya di sela meninjau kampung itu.

Ia mengatakan, ada tujuh UKM yang menjalankan usaha di kampung itu dan Astra memberikan bantuan terutama untuk pemasaran produk olahan yang dihasilkan masyarakat setempat.

Dijelaskan, upaya yang dilakukan untuk membantu pemasaran produk yakni menggelar Festival UKM di KBA sehingga masyarakat lebih mengetahui keberadaan kampung tersebut.

"Bantuan yang diberikan bukan dalam bentuk dana tetapi diarahkan membantu pengembangan usaha sehingga mereka mampu memasarkan produknya kepada orang luar," ungkapnya.

Ditekankan, KBA yang dibentuk itu diharapkan menjadi pioner bagi kampung lain sehingga menumbuhkan semangat masyarakat dalam menjalankan usaha terutama usaha kecil dan mikro.

"Harapan kami, KBA menjadi pioner bagi kampung-kampung lainnya di Kota Banjarbaru sehingga muncul UKM yang mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, PT Astra International memiliki 73 KBA tersebar di beberapa provinsi di Indonesia dengan berbagai bidang yang dibantu seperti kesehatan, pendidikan dan kewirausahaan.

"Bidang yang dikembangkan sesuai potensi desa atau kampung sehingga bisa membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan usaha yang berdampak pada kesejahteraan mereka," kata dia.

Festival UKM di KBA dibuka Staf Ahli Wali Kota Banjarbaru Lesa Fahriana yang didampingi sejumlah pejabat terkait di lingkup Pemkot dan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru Neni Hendriani. (Ant)