Menperin Direncanakan Akan Meresmikan Peluncuran Riset dan Test Drive Mobil Listrik

Oleh : Ridwan | Rabu, 04 Juli 2018 - 09:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto direncanakan hari ini, Rabu (4/7/2018) meresmikan peluncuran 'Riset Komprehensif Electrified Vehicle dengan Melibatkan Perguruan Tinggi' di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta

Acara yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Mohamad Nasir dan para pelaku industri otomotif akan dilanjutkan dengan serah terima kendaraan dan test drive kendaraan bermotor listrik. 

Sebelumnya, Menperin mengatakan, percepatan pengembangan produksi mobil listrik di dalam negeri perlu didukung kesiapan penerapan teknologinya. 

Untuk itu, Kementerian Perindustrian mendorong sejumlah pelaku manufaktur otomotif dan pihak perguruan tinggi terus melakukan kegiatan riset dalam menghasilkan inovasi teknologi. 

“Teknologi mobil listrik itu ada macam-macam tipe, antara lain plug in hybrid, hybrid, dan electric vehicle. Ini yang akan kita coba," katanya. 

Menperin menyampaikan, beberapa manufaktur otomotif di Indonesia telah siap berinvestasi untuk mengembangkan kendaraan emisi karbon rendah (low carbon emission vehicle/LCEV) atau mengusung konsep ramah lingkungan, termasuk mobil listrik.

Kemenperin menargetkan, pada tahun 2025, kendaraan LCEV termasuk mobil listrik dapat diproduksi sebanyak 20 persen dari seluruh populasi kendaraan di Indonesia.