Peluncuran OSS Tunggu Keputusan Presiden Jokowi

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 Juni 2018 - 13:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Rencana peluncuran sistem perizinan terpadu secara online (online single submission-OSS) masih menunggu keputusan dari presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Kantornya, Jakarta (22/6/2018).

Menko Darmin memastikan dalam waktu dekat ini Peraturan Presiden (PP) akan segera diselesaikan.

"Nanti saya tanya dulu Presiden kapan OSS akan diluncurkan. Nanti saya tanya. Dalam hari-hari ini mestinya selesai," ujarnya.

Sebelumnya, Darmin menargetkan peluncuran sistem perizinan terpadu secara online akan dilakukan setelah Lebaran. Pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak istana untuk menentukan tanggal peluncuran.

"Habis Lebaran kita mulai juga untuk mengejar dan saya berusaha meluncurkan OSS habis Lebaran. Tapi tergantung Presiden lah memilihnya kapan," kata Darmin.

Ia mengaku hingga kini sudah banyak perusahaan yang mengajukan diri untuk menggunakan OSS. Para perusahaan tersebut bahkan meminta untuk didahulukan dalam penerapan OSS tersebut.

"Yang mau daftar sih sudah banyak investor. Mereka bilang, saya dulu dong pertama. Tapi kan kita masih lihat. Kalau semua mau jadi pertama, gimana," terangnya.

Menurutnya, investasi di Indonesia harus terus digenjot untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

"Namun demikian, hal tersebut harus didukung kemudahan perizinan yang mumpuni," tutur Darmin.