Kemenkes Sediakan 3.900 Puskesmas 24 Jam Bagi Pemudik

Oleh : Dina Astria | Senin, 11 Juni 2018 - 11:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hari Raya Idul Fitri sudah dalam hitungan hari. Bahkan, banyak masyarakat yang sudah mulai berangkat mudik sebelum Lebaran. Perjalanan mudik akan terasa melelahkan karena ruas jalanan yang macet, ditambah dengan kondisi yang sedang berpuasa.

Dikutip dari Okezone, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof, Dr. dr, Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) menghimbau agar para pemudik beristirahat setiap dua jam sekali dan mengatur jam keberangkatan dengan baik.

“Para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor untuk tetap mengenakan perlengkapan lengkap, dan memakai masker untuk menghindari debu polusi selama perjalanan,” tambah Nila.

Untuk itu, Kemenkes sudah menyiapkan sebanyak 3.900 Puskesmas 24 jam di berbagai ruas jalur pemudik. Puskesmas ini sudah beroperasi sejak 8 Juni kemarin, hingga 24 Juni 2018. Puskesmas ini akan melayani pemudik yang sakit dan mengalami kecelakaan.

Selain itu, Kemenkes juga telah menyediakan tempat istirahat dengan layanan akupresur gratis yang terdapat di rest area jalur tol dan nomor telepon darurat 119 yang bisa digunakan para pemudik untuk mendapat info dan bantuan.