Pertamina EP Resmi Jadi Operator Lapangan Migas Sukowati Mulai 20 Mei 2018

Oleh : Hariyanto | Selasa, 22 Mei 2018 - 12:08 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anak perusahaan PT Pertamina (Persero),  PT Pertamina EP terhitung mulai 20 Mei 2018 resmi menjadi operator lapangan migas Sukowati di Bojonegoro, Jawa Timur, yang sebelumnya dikelola oleh JOB-PPEJ (Joint Operating Body-Pertamina Petrochina East Java).

"Alhamdulillah PT Pertamina EP ditetapkan sebagai operator baru Lapangan Unitisasi Sukowati Fasilitas Produksi CPA Mudi dan FSO Cinta Natomas yang untuk pengelolaan operasinya akan dilaksanakan oleh tim dari PT Pertamina EP Asset 4," kata Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Nanang menyatakan bahwa unitisasi merupakan salah satu model kerja sama yang umum terjadi di industri migas. Pertamina EP saat ini mengelola tujuh lapangan unitisasi di seluruh Indonesia. Salah satunya Sukowati yang merupakan unitisasi alias penggabungan ke dalam Wilayah Kerja (WK) Tuban.

Ia menjelaskan pada pukul 00.01 WIB tanggal 20 Mei 2018, telah dilakukan serah terima alih kelola unitisasi Lapangan Sukowati dari PHE Tuban East Java kepada Pertamina EP.

"Kami Pertamina EP, PHE Tuban East Java, SKK Migas bersama-sama berada di Fasilitas CPA Mudi untuk menyaksikan proses dimulainya peralihan status operator pengelola Lapangan Sukowati oleh Pertamina EP sejak 20 Mei 2018," ujar Nanang.

Menurut Nanang, pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi mengoptimalkan produksi di Lapangan Sukowati, diantaranya rencana pengeboran, perbaikan sarana produksi PPEJ dan target produksi hingga Desember 2018 mencapai lebih dari 7.000 barel minyak per hari (BOPD).

Masa kontrak pengelolaan lapangan Sukowati oleh JOB PPEJ sebenarnya telah habis tanggal 28 Februari 2018 dan diperpanjang sementara selama enam bulan. Namun mengacu kepada keputusan Menteri ESDM Nomor 2800/13/MEM.M/2018 tanggal 17 Mei 2018, status pengelolaan Lapangan Unitisasi Sukowati akhirnya dialihkan kepada Pertamina EP.

Untuk menandai peralihan pengelolaan Lapangan Sukowati tersebut, pada 19 Mei 2018 dilakukan upacara sederhana yang diawali dengan Safari Ramadhan dan pemberian santunan kepada sekitar 100 anak yatim piatu dari lingkungan sekitar wilayah Sukowati dan CPA Mudi.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari seluruh pihak terkait seperti PT Pertamina EP, PT PHE Tuban East Java, PT Petrochina, JOB PPEJ dan SKK Migas.

Sementara Manager Operasi Wilayah 1 SKK Migas Imam Purwanto, memuji terselenggaranya acara alih kelola tersebut.

"SKK Migas berterima kasih kepada operator yang lama karena telah menjalankan operasi migas dengan baik dan berharap agar operator yang baru bisa menjaga produksi Lapangan Sukowati untuk mendukung tingkat produksi migas nasional," ujar Imam.