Kurangi Sampah Plastik, Aqua Mengolah Sampah Botol Plastik Jadi Produk Fashion

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 25 April 2018 - 04:58 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk mengurangi sampah di lautan sebesar 70 persen pada tahun 2025 dengan dukungan kerja nyata dari berbagai pihak termasuk swasta. Sebagai bentuk dukungan program pemerintah, Danone Aqua bersama H&M Indonesia menandatangani kerja sama mengolah kembali sampah botol plastic menjadi produk fashion.

Presiden Direktur Aqua, Corine Tap dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/4/2018) mengatakan dalam kolaborasi ini, Aqua akan memperkuat pengumpulan sampah botol plastik dari Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu untuk mengurangi cemaran sampah di daratan dan berakhir di lautan.

“Kami menyadari penyelesaian masalah sampah plastik di Indonesia haruslah dilakukan melalui kolaborasi multi pihak,”pungkasnya

Lanjutnya, sampah botol plastik yang terkumpul kemudian akan dikirim dengan perahu ke unit bisnis daur ulang/ recycling business unit (RBU) Tangerang Selatan. Di RBU ini, sampah tersebut kemudian dipilah, dicuci dan dicacah untuk kemudian dikirimkan ke fasilitas produksi H&M untuk diolah menjadi benang, lalu bahan tekstil kemudian produk fashion.

“Dalam periode November 2017 hingga Februari 2018, RBU telah mengirimkan 50.000 Kg cacahan plastik. Dari sini kemudian dibuat produk fashion berbentuk glove yang dipasarkan mulai Januari 2018,” tandasnya.