BEI Dorong Investor Lirik Reksa Dana ETF

Oleh : Herry Barus | Selasa, 24 April 2018 - 17:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong investor untuk mulai melirik produk reksa dana Exchange Traded Fund (ETF) sebagai salah satu pilihan investasi di pasar modal.

"Kami selalu sampaikan kepada semua pihak bahwa invetsasi di ETF merupakan salah satu pilihan dalam memberikan imbal hasil yang baik," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Selasa (24/4/2018)

Menurut dia, biaya investasi dalam produk ETF relatif rendah, selain itu portofolio di dalam produk ETF juga memiliki kinerja yang cukup positif. Di sisi lain, portofolio efek yang menjadi aset dasar dari ETF diumumkan di BEI, sehingga investor dapat mengetahui komposisi portofolio efek dari ETF itu.

"Dan kami tidak terlalu kesulitan untuk memilih saham mana yang akan dibeli," katanya.

Ia menambahkan bahwa dalam waktu dekat BEI akan meluncurkan indeks baru sehingga dapat menjadi acuan baik bagi Manajer Investasi yang merencanakan untuk menerbitkan produk ETF.

"Bursa menyediakan indeks baru salah satunya untuk pelaku pasar yang mau create ETF, jadi mereka tidak perlu kelola indeks lagi," katanya.

Ia mengatakan ETF merupakan reksa dana yang kinerjanya mengacu pada indeks tertentu dan diperjualbelikan layaknya seperti saham di Bursa Efek.

Samsul Hidayat mengatakan bertambahnya jumlah produk diharapkan memicu jumlah dana investor domestik bertamah sehingga dapat menyeimbangkan kepemilikan asing yang akhirnya dapat menjaga ketahan industri pasar modal Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Utama Indo Premier Investment Management, Diah Sofiyanti mengatakan bahwa produk ETF memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi pada saham-saham yang memiliki tata kelola dan kinerja perusahaan yang baik.

"Dalam kondisi pasar yang penuh dengan ketidakpastian, ETF dapat membantu investor dengan cepat mengambil keputusan. ETF memungkinkan investor merealisasikan keuntungan atau menghindari kerugian secara cepat," ujarnya. (Ant)