TEI 2018 Targetkan Transaksi 1,5 Miliar Dolar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 16:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ajang pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 menargetkan total transaksi sebesar 1,5 mliar dolar Amerika Serikat (AS), dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa kegiatan promosi khususnya produk-produk unggulan Indonesia harus terus dilakukan, supaya bisa semakin dikenal oleh pasar ekspor. TEI merupakan komitmen Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan ekspor secara berkesinambungan dan mendiversifikasi pasar ekspor.

"Sebaik dan semurah apapun produk yang ada, tanpa ada promosi maka akan sia-sia," kata Enggartiasto, saat meluncurkan Trade Expo Indonesia ke-33 di Jakarta, Jumat (20/4/2018)

Pada 2017, total transaksi yang ditargetkan kurang lebih sebesar 1,1 miliar dolar AS. Namun, realisasi transaksi dari penyelenggaraan TEI 2017 tersebut mampu melebihi target, yakni mencapai 1,4 miliar dolar AS, atau naik sebesar 37,36 persen.

Dengan tema yang diusung "Creating Product for Global Opportunities", TEI 2018 ditargetkan jumlah pengunjung yang akan hadir mencapai 28.000 orang, dan 1.110 peserta dengan menampilkan kurang lebih sebanyak 300 produk dan jasa unggulan dari dalam negeri.

"TEI merupakan etalase produk-produk Indonesia, untuk itu, produk yang dipamerkan harus memiliki kualitas dan standard internasional," ujar Enggartiasto.

Untuk menarik minat calon pembeli potensial, promosi dan sosialisasi penyelenggaraan TEI 2018 ke negara-negara mitra dilakukan Kementerian Perdagangan dengan menggandeng seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri.

Selain itu, Kemendag menugaskan sebanyak 44 atase perdagangan untuk terus meyakinkan calon pembeli supaya hadir ke TEI 2018.

Dalam pameran tahunan tersebut, produk yang akan ditampilkan antara lain adalah kuliner nusantara, kerajinan dan produk gaya hidup, furnitur, produk kreatif dan jasa, produk manufaktur, produk industri strategis, makanan dan minuman, serta produk unggulan lainnya.