BTN Ikut Terlibat dalam Operasi Pasar Beras

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 April 2018 - 20:52 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Maryono mengatakan pihaknya akan ikut terlibat dalam operasi pasar untuk menstabilkan harga beras di pasaran jelang periode Puasa dan Lebaran.

"BTN hanya salah satu bagian daripada Himbara untuk membantu operasi pasar perberasan ini," kata Maryono seusai mengikuti rapat koordinasi membahas beras di Gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (10/4/2018)

Sebagai upaya untuk menstabilkan harga beras tersebut, kata Maryono, BTN akan mengerahkan sebanyak 35.000 agen yang tersebar di seluruh Indonesia dalam operasi pasar ini.

Dengan adanya agen-agen tersebut, diharapkan stabilisasi harga beras dapat lebih mudah dilakukan, dan tidak terganggu oleh persoalan mendasar seperti ketidaksiapan logistik.

"Kita usulkan, kita ini kan punya agen-agen, kurang lebih jumlahnya 35.000, itu bisa dipakai untuk tempat penjualan beras-beras itu, supaya harga beras bisa lebih murah," ujarnya.

Untuk realisasi rencana operasi pasar ini, Maryono mengatakan, BTN tinggal menunggu keputusan resmi dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

"Nanti akan diatur oleh Kementerian BUMN, prinsipnya secepatnya," katanya.

Dengan adanya peran Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk terlibat dalam operasi pasar, maka beban perum Bulog dalam menyiagakan pasokan untuk menekan kenaikan harga beras menjadi berkurang.