Menperin Fokuskan Teknologi dan Inovasi Industri Nasional

Oleh : Ridwan | Kamis, 19 Januari 2017 - 17:53 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memastikan fokus terhadap pengembangan teknologi dan inovasi di industri nasional pada tahun 2017.

Ini merupakan upaya mengantisipasi penerapan sistem teknologi produksi global terbaru, sebagai dampak dari revolusi industri keempat atau industry 4.0.  

"Apalagi saat ini ditandai dengan munculnya beberapa terobosan teknologi seperti mobile connectivity, artificial intelligence, internet of things, next generation robotics, 3D printing, genetic engineering, nanotechnology, advanced materials, dan biotechnology" terang Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto melalui siaran persnya saat diskusi panel Indonesia Night dalam rangkaian World Economic Forum (WEF) 2017 di Davos, Swiss, Rabu waktu setempat (18/1/2017).  

Menurut Airlangga, langkah yang akan dilakukan ke depan secara keseluruhan dapat menentukan proses yang terjadi dalam industri manufaktur di dalam negeri, antara lain berpengaruh pada model bisnis, jaringan suplai global, kebutuhan tenaga kerja, dan kelangsungan pembangunan industrinya.  

Selain itu, kami berupaya membangun network dengan komunitas Menteri Perindustrian dan Perdagangan dunia, serta berinteraksi dengan para pempimpin bisnis penting dunia,” tuturnya.  

WEF 2017 bisa menjadi kesempatan untuk menjajaki peluang investasi dan kolaborasi bisnis. Pada tahun ini, Menperin telah mengusulkan beberapa projek terkait kerja sama pemerintah dan swasta, salah satunya adalah pengembangan teknologi gasifikasi batu bara.