Podomoro City Deli Ikut Dorong Pemerataan Pembangunan di Medan

Oleh : Wiyanto | Senin, 12 Maret 2018 - 07:11 WIB

INDUSTRY.co.id - Pembangunan di bidang infrastruktur menjadi program skala prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dalam beberapa tahun ke depan. Ini dilakukan dalam upaya mendorong percepatan pembangunan di bidang-bidang lainnya. Beberapa bidang infrastruktur seperti sistem jaringan jalan, drainase, transportasi, dan ruang hijau termasuk cakupan infrastruktur yang menjadi skala prioritas untuk didahulukan.

Di samping itu, pemerataan pembangunan di Medan memang akan menjadi solusi atas kemajuan kota ini. Sebab, geliat pembangunan sudah begitu sesak bahkan hampir tidak ada lahan kosong untuk mendirikan bangunan.

Menurut AVP Strategic Marketing Agung Podomoro Land Agung Wirajaya, dibutuhkan penataan infrastruktur yang baik sebagai penunjang calon investor masuk ke Sumut terkhusus Kota Medan. Apalagi secara kewilayahan, potensinya sangat besar, mengingat Kota Medan merupakan pintu gerbang perekonomian Indonesia bagian barat.

“Namun tentu harus dilakukan bertahap,” ungkap Agung.

Terlebih, Agung menambahkan, rencana Pemkot Medan untuk memiliki moda transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Medan semakin menuju kenyataan. Nantinya, LRT Medan sendiri akan dibangun satu paket dengan pembangunan bus rapid transportation (BRT) Medan.

“Kedua moda transportasi itu akan saling terintegrasi dan menjadi kebutuhan yang cukup mendesak bagi kelancaran konektivitas transportasi di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu,” ujar Agung.

Sebagai ibu kota provinsi, Medan menjadi kota berkembang dalam hal pertumbuhan penduduk dan ekonomi, di mana kepadatan penduduknya menjadi salah satu yang terpadat di Indonesia. Mayoritas penduduk di kota ini pun masih mengandalkan mobilitasnya melalui kendaraan pribadi dan sektor jalan.