Reliance Group Akuisisi Saham BNII di WOM Finance

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 13 Januari 2017 - 09:30 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Reliance Capital Management (Reliance Group) mengakuisisi 68,55% saham di PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) alias WOM Finance. Saham tersebut milik PT Maybank Indonesia Tbk (BNII). Tindakan korporasi itu diindikasikan oleh penandatanganan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (PPSB) antara Reliance Group dengan BNII.
 
“Akuisisi ini adalah langkah strategis Reliance Group dalam mengembangkan bisnis sebagai penyedia jasa keuangan kepada masyarakat di Indonesia,” ujar Anton Budidjaja, Direktur Utama Reliance Group, di Jakarta, Kamis (12/01/2017).
 
Selain itu, demikian Anton, akuisisi tersebut juga untuk meningkatkan sinergi bisnis antara bisnis WOM Finance di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dengan bisnis yang dikelola Reliance Group di sektor investasi, perlindungan dan pembiayaan. Karena itu, akuisisi tersebut akan melengkapi layanan jasa keuangan Reliance Group, khususnya di sektor pembiayaan sepeda motor dan multiguna.
 
Saat ini, Reliance Group memiliki 7,5 juta nasabah. Karena itu, akuisisi yang dilakukan terhadap WOM Finance yang memiliki jutaan nasabah akan mendorong pertumbuhan jumlah nasabah Reliance Group yang ditargetkan mencapai 50 juta nasabah pada 2020 mendatang.
 
Anton mengemukakan, Reliance Group akan mengembangkan bisnis WOM Finance agar dapat menjadi perusahaan jasa keuangan bertaraf internasional di Indonesia dengan menjalankan bisnis pembiayaan kendaraan bermotor dan multiguna.
 
Disamping itu, menurut Anton, kendati telah menguasai saham mayoritas di WOM Finance, Reliance Group akan tetap bekerjasama dengan seluruh kreditur dan pemegang obligasi WOM Finance, serta Maybank Indonesia sebagai salah satu mitra strategis, terutama dalam hal pembiayaan bersama (joint financing).***