Perbaikan Jembatan Cisomang Digarap Hingga Maret 2017

Oleh : Irvan AF | Kamis, 12 Januari 2017 - 19:51 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perbaikan Jembatan Cisomang di KM 100+700 Jalan Tol Purbaleunyi akan terus dilakukan PT Jasa Marga Tbk hingga akhir Maret 2017.

VP Maintenance PT Jasa Marga Tbk Reza Febriano menjelaskan, setelah kondisi aksi darurat sudah dilakukan beberapa waktu lalu, kini Jembatan Cisomang memasuki masa perbaikan dan perkuatan.

"Saat ini sedang memasuki persiapan pekerjaan berat yang terdiri dari tujuh jenis pekerjaan antara lain grouting yang sudah dilakukan di pilar A1, P0, P1, P2, dan P5 dan pekerjaan wrapping dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P1 dan P2," ujar Reza kepada wartawan di Kantor PT Jasa Marga, Jakarta Timur, Kamis (12/1/2017).

Selain itu, pekerjaan strutting baja dalam proses cutting dan pengelasan material H-Beam, serta penggalian tanah di sekitar pilecap P2 dan P3, juga pekerjaan unloading (cutting lereng) di sekitar A1 hingga pilar P1, persiapan pekerjaan ground anchor pada P0 dan persiapan platform kerja untuk pekerjaan belt boredpile.

Reza menjamin semua pekerjaan perbaikan Jembatan Cisomang itu diserahkan kepada kontraktor spesialis di masing-masing bidang, bukan sekadar general kontraktor.

"Selama proses ini, kami dibawah koordinasi dan supervisi Badan Pengatur Jalan Tol Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ)," katanya.

Sayangnya, Reza urung merinci  perkiraan anggaran untuk perbaikan Jembatan Cisomang karena hitungan final belum ada.(iaf)